Page

Rabu, 08 September 2010

Yen Mencapai Nilai Tertinggi, Apa yang harus dilakukan ?

Yen, pada hari selasa kemarin mencapai yang lebih tinggi lagi, dibandingkan rekor kemarin. Para trader di dunia sekarang ini banyak sekali melakukan aksi BUY USD/JPY untuk mendapatkan keuntungan. Pertanyaannya : Apakah sekarang saat yang tepat ?

Jepang adalah suatu negara yang pendapatan utamanya adalah melalui ekspor. Dengan naiknya nilai mata uang Yen terhadap Dolar amerika, maka pendapatan para pengekspor, terutama ekspor kendaraan roda empat, dan elektronika menurun, karena biaya pembuatan yang sangat tinggi.

Sehari setelah Yen mencapai nilai terendah 1 minggu yang lalu, pihak dewan BOJ (Bank Of Japan) segera melakukan pertemuan dan membahas wacana untuk melakukan intervensi pada Yen dengan melakukan aksi jual agar nilai mata uang Yen menurun.

Intervensi ini terakhir kali dilakukan oleh pihak jepang pada tahun 2004. dan setelah itu, tidak pernah dilakukan lagi sampai sekarang.

Sekarang, mengingat Yen telah naik sampai nilainya sama kuat dengan 15 tahun yang lalu, maka pemerintah mulai membahas wacana untuk melakukan intervensi lagi kepada Yen agar nilainya menurun. Wacana ini muncul karena pada 15 tahun yang lalu, intervensi yang dilakukan juga bisa menurunkan nilai mata uang jepang.


Share

1 komentar:

Admin mengatakan...

Mungkin ada yang bingung. Mengapa bank harus melakukan penjualan Yen Besar-besaran ?

Kembali kepada hukum ekonomi yang paling dasar, Permintaan dan penawaran.

Hukum permintaan berbunyi :
Jika harga naik, jumlah barang yang diminta akan naik.
Jika harga turun, maka jumlah barang yang diminta turun.

Dalam hal ini, mata uang jepang, banyak diburu oleh investor di luar negeri sehingga permintaan terhadap mata uang yen akan naik. Naiknya permintaan menyebabkan kenaikan harga pada Yen. Akibatnya seperti sekarang ini.

Kebijakan yang hendak diambil oleh pihak BOJ, sederhana saja. Mereka punya 2 opsi. mereka akan jual semua cadangan YEN yang mereka punya, atau melakukan pencetakan uang baru, agar jumlah yen yang beredar di masyarakat menjadi tinggi. Jumlah Yen meningkat, berarti nilainya akan turun.